Post Page Advertisement [Top]

Hallo :)

Senengnya dapet buku Impor tentang Papier Mache ini secara tidak sengaja waktu jalan-jalan ke Perpustakaan Ganesa, Solo. Ingin menulisnya secara khusus sebagai catatan buat aku dan buat pembaca jika tertarik dengan apa itu kerajinan Papier Mache.

Sebetulnya saya berkenalan dengan Paper Mache dari buku Indonesia karangan Mbak Elvira Nasution yang saya beli kurang lebih tahun 2007. Dari Buku mbak Elvira, saya belajar membuat aneka kerajinan dari bubur kertas (Paper Pulp). Paper pulp yang saya buat menggunakan kertas bekas HVS yang warnanya putih itu.

Sedangkan buku yang dikarang mbak Sheila ini kita belajar mengolah limbah menggunakan koran bekas. Koran bekasnya ini nanti di celupin ke dalam larutan tepung yang ditambah air dan ditempelin selapis demi selapis.

Sejauh ini saya pernah membuat Celengan Babi dengan menggunakan metode Papier Mache koran bekas dan hasilnya bagus juga dan unik meskipun tidak bisa sehalus dari bubur kertas / Paper Pulp.

Buku Karangan Sheila McGRAW. Dia adalah seorang penulis buku Papier Mache yang sangat terkenal  juga ilustrator buku cerita Anak.
Isi dari buku ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu Getting Started, Porject dan Finishing

Apa itu Papier Mache di jalaskan secara singkat di halaman ini.

Pengertian Papier Mache



Papier Mache di ambil dari Bahasa Perancis yang artinya " kertas yang di kunyah/dilumat", cara membacanya adalah "paper mashay"

Mengapa menggunakan Papier Mache?

Karena murah!

Kebanyakan material yang digunakan untuk membuat kerajinan ini spt ini hanyalah koran, tepung, air dan garam. Bahan-bahan tersebut mudah ditemukan disekitar rumah. Bahan lain seperti selotip kertas dan cat, keduanya sangat mudah di cari dan tidak mahal.

Ini adalah daur ulang!

Menggunakan koran untuk membuat kerajinan adalah cara yang bagus untuk mendaur ulang. Kamu juga bisa menggunakan barang-barang lain yang biasanya berakhir di tempat sampah seperti selongsong tissue, tas plastik dan botol-botol plastik,

Menyenangkan sekali membuat proyek baru dengan mencari diantara sampah untuk mengingat sampah itu mengingatkan kamu pada misalnya kancing untuk mata, renda bisa dibuat untuk menghias topeng dan sebagainya.

Mudah!

Hampir setiap orang bisa membuat sesuatu dari Papier Mache. Kerajinan ini tidak membuatuhkan banyak tempat atau peralatan yang banyak untuk membuat barang yang berbeda-beda baik besar, kecil, gila atau serius.

Ini menyenangkan!

Ajak teman atau orang tua untuk membuat pesta Papier Mache dan biasanya orang langsung senang ketika mereka memulainya!

Contoh kerajinan berbahan Papier Mache

Vas Bunga

Gelang

Topeng

Kucing Gemuk hehehe
Finishing untuk membuat Papier Mache tambah bersinar

Nah ini yang aku penasaran banget pengen coba, ada beberapa teknik supaya Papier Mache kita tambah cantik. Yaitu;

1. Menambahkan aksesoris seperti glitter, sequin,bulu-bulu ayam palsu supaya makluk Papier Mache yang kita buat menjadi lebih hidup.


2. Decoupage....Decoupage adalah menempelkan potongan-potongan dari majalah atau komik sehingga hasil akhirnya seperti menempelkan kertas kado ke kerajinan yang kita buat.


3. Paper Pulp Clay. Clay ini berbahan dasar Tissue namun bisa juga menggunakan bubur kertas HVS untuk membuat detail seperti mata, hidung, mulut dsb.

4. Cetakan Kentang (Potato Printing). Pola yang dihasilkan menggukan Cetakan Kentang ukurannya bagus untuk Papier Mache dan hasilnya mirip stensil.

5. Baker Clay
Baker Clay ini dibuat dari campuran bahan seperti tepung jagung, tepung serbaguna, air panas, garam, lem putih. Baker clay ini perlu dioven spy keras. Baker Clay digunakan untuk membuat benda yang keciiiil seperti mata, tanduk, lidah , gigi dsb.

Sudah ga sabar ini pengen praktek hehehe.....Semoga informasi ini berguna dan langsung praktek aja yuuuuuk. Pokoknya nanti saya upload di akun Instagram saya @handmadebychandramalini ya untuk mencatat perjalanan saya mengolah limbah dari kertas daur ulang hehehe.


Ibu Chandra
Instagram @handmadebychandramalini dan @duniarakhma
WA 081.393.00.4879



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib