Post Page Advertisement [Top]

Hallo Sahabat HandmadebyCM!




Terakhir kali menulis bulan Maret yang lalu, tidak menyangka ya kita dan seluruh dunia akan menghadapi Pandemi Covid 19. Sebagai pelaku usaha handmade kondisi ini sangat berpengaruh pada pemasukan usaha. Berbagai usaha saya lakukan untuk beradaptasi, diantara dengan membuat barang-barang yang diperlukan seperti masker, tas belanja, dompet masker, masker + bandana. Silahkan kunjungi Instagram HandmadebyChandraMalini untuk melihat karya-karya terbaru saya ya.

Selain masih berkecimpung didunia kriya, saya juga saat ini lebih rajin berkebun. Namun karena saya lebih mengutamakan bahan-bahan bekas, untuk pot / planter bag pun saya gunakan karung bekas. Atas permintaan follower IG saya membuat Tutorial Cara Membuat Planter Bag dari Karung Bekas. Karung bekas bisa dalam bentuk karung bekas beras, poultry (makanan ternak), tepung terigu. Saya biasanya minta di warung langganan sayur , biasanya mereka punya stok berlebih dan kadang dibuang. Nah daripada jadi sampah , bisa jadi barang yang bernilai lebih. Yuk, langsung kita buat saja sama-sama.

Cuci terlebih dahulu karungnya ya, baik luar maupun dalam. Tujuannya supaya mesin jahit kita tidak terkena kotoran yang menempel dikarung bekas.

Jika sudah selesai dicuci, karung dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering ya. 

Nah karung sudah bersih dan kering siap untuk dipotong dan dijahit. Letakkan karung diatas meja dan bentangkan. Satu Karung Bisa Jadi 2 Planter Bag ya. 

Lipat karung menjadi 2 bagian yang sama panjangnya.

Tandai bagian tengah dengan spidol permanen

Tandai masing-masing 2 Inchi di sebelah kiri dan kanan bagian tengah karung yang sudah kita tandai tadi dengan spidol permanen. Total 4 Inchi. Tandai juga sisi karung lainnya.  Bagian tengah ini nanti digunakan sebagai pegangan / handle Planter Bag kita ya. 
Hubungkan menggunakan penggaris ya tanda yang kita buat menggunakan spidol permanen tadi (lebar 4 inch)


Gunting menggunakan gunting Zig-Zag jika punya. Gunting disepanjang garis yang dibuat tadi ya....Gunting Zig-Zag ini gunanya agar tidak buyar anyaman.

Nah karung kita sudah jadi 3 bagian. Bagian kiri planter bagian 1, bagian tengah untuk handle/pegangan, bagian kanan planter bagian kedua.

Untuk handle dipotong menjadi dua sama panjangnya ya. Potong dikedua ujungnya.

Dari dua handle, dipotong lagi menjadi 4 handle (untuk 2 planter bag, tapi di Tutorial ini kita bikin satu Planter bag sebagai contoh)

Gunakan lilin untuk membakar pinggiran-pinggiran karung supaya ga buyar anyamannya ya.


Caranya kurang lebih seperti ini sama caranya kalau kita menutup bungkus plastik. Dibakar sdikit saja jangan sampai terbakar karungnya ya....Lalukan untuk semua pinggiran yang kasar.

Nah jika sudah, kita siap untuk membuat Planter Bag ya..PENTING !!!.Balikkan karungnya sehingga yang ada tulisannya jadi bagian dalam. Yang Polos jadi bagian luar. Tergantung selera masing-masing. Bisa kebalikannya, tulisannya diluar, polos didalam.

Karung nya tadi kan bisa jadi dua ya sebetulnya. Ini saya gunakan salah satu ujungnya yang ada jahitannya sehingga tinggal di jahit saja ujung-ujungnya. Yang bagian satunya lagi bolong dikedua sisinya nah ini nanti bisa dijahit sendiri salah satu ujungnya....

Buat segitiga spt ini ya untuk kedua ujung-ujung karung yang ada jahitannya. 

Buat tanda kira-kira 5 Inchi.

Tarik garis spt pada gambar membentuk segitiga sama kaki.

Lakukan hal yang sama dengan ujung satunya. Nah sudah siap dijahit ya ujung-ujungnya.

Gunakan setting jahit zig-zag yang paling besar, dengan jarak di nomor 3. Jahitan Zig-Zag ini lebih kuat daripada jahit lurus untuk menjahit bahan-bahan yang mudah ambyar spt karung plastik.

Jangan lupa jahit mati pada jahitan pertama.

Jahit zig-zag disepanjang garis. Jahit mati diakhir jahitan.

Lalukan untuk sisi satunya juga. Nah sudah dijahit dua-duanya.

Nah untuk pinggiran mulut pot, dilipat ya supaya rapi. Ini dilipat satu kali dulu...lebarnya terserah , saya buat kurang lebih 2 cm. Lipat ke arah dalam Planter Bag ya

Nah ini dilipat ke2 kali supaya lebih rapi. Tujuannya supaya pinggirannya ga ambyar juga untuk memperkuat tepian planter bag kita. 

Jahit menggunakan settingnya yang sama dengan sebelumnya ya....jangan lupa untuk jahit mati di awal dan diakhir jahitan.

Nah jadinya kurang lebih seperti ini....

Planter bag sudah 1/2 jadi, sudah berbentuk pot ya (3 Dimensi). Ini bagian dalamnya yang ada textnya, bagian luarnya nanti polos.

Ini foto dari atas ya....jadi Planter Bag ini bentuknya kotak.

Kita lanjut untuk pegangannya ya, kan tadi ada 4 buah ya, kita jahit 2 dulu untuk satu planter bag.

Lipat jadi dua memanjang untuk handle / pegangannya tadi ya...

Jahit zig-zag....

Jahit seperti ini ya supaya kuat pegangannya...

Pasang pegangan di sebelah kiri dan kanan Planter Bagnya ya....

Jepit menggunakan clip atau jarum pentul 

Jahit handlenya dibagian dalam Planter Bag ya....

Jahit bolak-balik ya hingga benar-benar kuat. Jahit dua baris spt ini. Lalukan hal yang sama untuk handle satunya.

Balikkan karung, bagian polos luar. Nah Planter Bagnya sudah jadiiii....siap diisi tanaman / sayuran. Planter Bag ini muat banyak ya skitar 5-7 kiloan. Bisa untuk menanam buncis, kacang panjang dkk. Saya pakai untuk menanam kunyit, buncis, cabai yang butuh ruang yang lebih besar.


Cantik kan Planter Bagnya, dengan adanya Handle lebih memudahkan kita untuk memindah-mindahkan potnya. 

Sekian Tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan selamat berkebun. Jangan lupa untuk share Planter Bag kalian dan mention saya di Instagram HandmadebyChandraMalini.

Salam,
Ibu Chandra Malini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib