Post Page Advertisement [Top]

Hallo Sahabat Handmadebycm!

Selain kerajinan Papier Mache, kerajinan dari kertas bekas yang bisa lakukan dirumah adalah belajar membuat kertas daur ulang. Adapun kesamaan dari Papier Mache dan Kertas Daur Ulang adalah pada tahap awal yaitu pembuatan bubur kertas. Baik Papier Mache ataupun pembuatan kertas daur ulang sama-sama membutuhkan perendaman kertas selama minimal 1 hari dan kemudian kertas ini di hancurkan menggunakan blender. Kertas apa saja bisa digunakan untuk membuat kertas daur ulang kecuali struk ATM ya. Struk ATM ini mengandung kimia berbahaya sehingga sebaiknya langsung dibuang ketempat sampah. 

Kenapa kita perlu mendaur ulang kertas?

Ada banyak alasan kenapa kita perlu mendaur ulang kertas seperti tulisan saya sebelumnya silahkan baca link berikut ini Mengapa Kita Perlu Mendaur Ulang Kertas. Dengan alasan tersebut kita bisa belajar membuat kertas daur ulang dirumah menggunakan bahan-bahan yang ada dirumah.

Ada banyak sekali tutorial di Youtube, salah satunya adalah vidio berikut. Sedikit catatan dari saya ember yang digunakan untuk menampung bubur kertas adalah yang lebar dan pendek seperti cat litter box ya. Bisa dibeli di toko yang menyediakan makanan / aksesoris kucing.

Credit: Softly Studio


Mould and Decke / cetakan dan saringan

Dalam membuat kertas daur ulang Mould and Deckle mempunyai peranan penting. Fungsinya untuk mencetak kertas sebelum dijemur.  Bisa menggunakan foto frame kayu polosan berbentuk persegi / persegi panjang, tinggal dilepaskan kacanya. Dinamakan mold and deckle artinya kita memerlukan 2 cetakan. satu untuk menyaring kertas, satu sebagai cetakan.

Berikut adalah tutorial cara membuat mold and deckle;

Credit: Make Something (Catatan: Membuat Mold and Deckle dari awal)

Credit: Paper Slurry ( Catatan: Membuat Mold and Deckle dari foto frame)

Membuat Kertas Daur Ulang menggunakan pewarna alam

Ini adalah salah satu variasi yang bisa kita terapkan dalam membuat kertas daur ulang supaya lebih menarik. Saya sudah bereksperimen menggunakan kunyit dan secang sejauh ini. Untuk pewarna kunyit warna bisa muncul tapi tidak terlalu pekat warnanya, untuk secang saya masih gagal karena kertas daur ulang masih tetap berwarna putih.





Kertas Daur Ulang menggunakan pewarna alami secang namun gagal. Difoto kertas masih kondisi basah. Setelah kering kertas daur ulang justru tidak kelihatan warna merahnya sama sekali. Sudah dua kali mencoba tapi hasilnya tetap sama :)


Kertas Daur Ulang menggunakan pewarna alam kunyit, saya menggunakan kunyit instant satu bungkus. Untuk percobaan berikutnya saya akan coba menambahkan bubuk kunyitnya.

Ini adalah vidio singkat saat saya membuat kertas daur ulang dengan pewarna kunyit:


Memanfaatkan Sisa Bubur Kertas

Nah kalau sudah cukup pengalaman membuat kertas daur ulang, biasanya bubur kertas nanti ada sisanya sedikit. Nah bubur kertas sisa ini bisa digunakan untuk membuat seed bomb. Namanya unik ya. Bom benih. Artinya bubur kertas bisa dijadikan media tanam benih. Seperti pada postingan Instagram @handmadebychandramalini berikut ini.


Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kertas daur ulang untuk media lukis seperti berikut ini 

Atau ini


Menarik bukan? Ayo buat kertas daur ulang sendiri dirumah. Semoga postingan ini menginpirasi....sampai jumpa dipostingan berikutnya ya :)

Salam,
Ibu Chandra 
WA 0888 1243 218 / email: handmademalini@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib