Post Page Advertisement [Top]

Hallo Sahabat KertasbyAlin,


Tak terasa sudah dipenghujung tahun 2020. Meskipun tahun ini berat buat pelaku usaha karena adanya pandemi Covid 19, ada banyak hal-hal yang saya syukuri tahun ini yang ingin saya rangkum dalam tulisan kali ini.

Yang saya syukuri sepanjang tahun 2020 adalah.....

Bulan Agustus adalah bulan dimana saya berganti nama usaha dari HandmadebyChandraMalini menjadi KertasbyAlin. Kenapa saya ganti lebih ke alasan praktis, saya ingin nama yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang. Logo berganti menjadi seperti dibawah ini. Diakun Instagram @KertasbyAlin, saya fokus ke usaha daur ulang kertas sedangkan Instagram @kebunmalini khusus akun berkebun.

Makna Filosofis simbol ini adalah irisan melintang batang pohon. Kertas dibuat dari pohon, harapan saya semakin banyak orang mendaur ulang kertas mereka dan selamatkan Hutan.

Pada tanggal 31 Agustus 2020, Usaha ini pertama kali mendapatkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) dari Rumah Kreatif BUMN, Solo. Terimakasih banyak mas Wahid dan teman-teman. Mengurus NIB dan IUMK ternyata mudah sekali, tidak sampai 1 jam selesai.


Pada hari Rabu, 11 November 2020, saya mencairkan dana UMKM dari Pemerintah di Salatiga. Bantuan ini saya pergunakan untuk menambah alat-alat usaha seperti amplas listrik dan mesin staples listrik. Kesalahan saya adalah kurang teliti dalam membeli mesin staples listrik karena ternyata daya dirumah tidak kuat sehingga alat ini tidak bisa digunakan. Sedih sekali rasanya. Solusinya saya jual kembali dengan berat hati.


Pada 28 September 2020, saya mengirimkan Paper Making Kit pertama saya. Alhamdulillah responsnya lumayan bagus dan termasuk best seller di Toko Online KertasbyAlin. Dalam paper making kit ini saya juga menulis buku digital "A-Z membuat kertas daur ulang,101 kreasi kertas daur ulang". Lebih jelas tentang Kit Kertas Daur Ulang / Paper Making Kit dipostingan disini.

Desember 2020, saya bersyukur tahun ini pelan-pelan mempunyai customer yang terus meningkat. Saya membuka akun di Shopee dibulan ini. 


Skill baru yang saya pelajari tahun 2020

  1. Belajar membuat buku buatan tangan (Handmade book) dari kertas daur ulang. Belajar berbagai teknik bookbinding seperti coptic stitch, japanese stab binding, kettle stitch, hardcover book, saddle stitch.
  2. Belajar membuat ilustrasi diatas kertas daur ulang (botanical drawing).
  3. Belajar membuat cetakan kertas daur ulang yang lebih bagus dari versi awalnya, saya bahkan membuat IGTV khusus tentang Cetakan kertas daur ulang ini. Cek vidionya di bawah ya...
  4. Membuat cetakan kertas daur ulang bentuk Amplop dan Hati. Cek fotonya di bawah!
  5. Belajar berbagai teknik membuat kertas daur ulang seperti Pulp Painting yaitu melukis menggunakan bubur kertas, belajar membuat kertas daur ulang bermodalkan kaleng bekas. Lebih banyak tentang itu baca disini.
  6. Belajar membuat bunga kering (Oshibana). Bunga kering ini merupakan salah satu isi paket Paper Making Kit.
  7. Belajar membuat Vidio Tutorial di IGTV, Youtube. Belajar Instagram Marketing dari internet. Instagram merupakan platform yang saya pakai untuk mempromosikan usaha saya. Saya juga belajar membuat story yang menarik. 
Flash back awal tahun 2020 lalu saya juga diundang sebagai pembicara di dua acara yang berbeda yaitu acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Kompak Surakarta dan acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Playdate Solo Raya.

Kisah dibalik pengembangan Cetakan Kertas Daur Ulang versi terkini



Tonton vidio ini yang menjelaskan tentang Cetakan Kertas Daur Ulang versi KertasbyAlin


Cetakan Kertas daur ulang bentuk hati yang berhasil saya buat tahun ini.

Hasilnya ketika masih basah.

Cetakan Kertas Daur Ulang berbentuk Amplop kreasi KertasbyAlin

Bubur kertas Amplop yang masih basah.


Amplop dan kertas berbentuk hati ketika kering.


Harapanku untuk tahun 2021

                                                         Sumber Gambar: IG @socialsam

  1. Kondisi ekonomi yang lebih baik. Ada harapan awal tahun depan sudah ada Vaksin Covid 19 sehingga harapan saya kondisi perekonomian sedikit lebih baik dari tahun ini. Bagaimanapun usaha ini akan bertahan jika ada pembelinya jadi saya mohon dukungannya. Dukungan itu tidak selalu harus membeli kok bisa dengan cara diatas.
  2. Lebih banyak orang mendukung usaha berbasis lingkungan karena usaha ini berkontribusi bagi kelestarian lingkungan. 
  3. Lebih banyak orang mengenal usaha saya dan misi dibaliknya. Silahkan baca halaman Tentang Saya.
Dan tidak lupa saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2021, semoga bisa melayani lebih baik kedepannya.

Salam,
Ibu Chandra





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib