Post Page Advertisement [Top]

Hallo Pembaca Blog KertasbyAlin,

Apa kabar? Semoga tetap sehat di tengah pandemi Virus Corona ya. Tetap semangat, tetap aktif dirumah. Caranya dengan melakukan kegiatan berkebun, berkarya dari rumah. Apa aja deh selama kegiatan itu positif hehehehe. Kali ini kita akan membahas tentang kertas benih yuk!

https://pijakbumi.com/blogs/hara/cara-menanam-benih-bayam-dalam-seed-paper

Apa itu kertas benih?

Kertas benih adalah kertas yang dibuat dari kertas bekas yang di tambahkan benih seperti benih bunga dan sayur di dalam kertas. Ketika kamu menanam kertas benih didalam pot atau tanah di kebun, benih yang ada di dalam kertas akan berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman.

Apa keunggulan kertas benih?

- Zero Waste 

- Terbuat dari kertas daur ulang

-  Bisa di cetak menjadi kartu nama, kartu ucapan, undangan pernikahan dsb yang ramah lingkungan. Cocok untuk mendukung image perusahaan yang bergerak dibidang lingkungan hidup.

Bagaimana cara menggunakan kertas benih?

Sumber Gambar: Image from: https://plantableseedpaper.co.uk/how-to-plant-eco-friendly-seed-papers/

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan di bawah ini ya.

* pot

* tanah yang subur (campuran sekam bakar, kompos dan tanah)

* Kertas benih

* Air

* Tempat yang terkena sinar matahari langsung

Langkah-Langkah:



https://pijakbumi.com/blogs/hara/cara-menanam-benih-bayam-dalam-seed-paper

LANGKAH 1 . SIAPKAN MEDIA TANAM/POT

Isi pot Anda 2/3 penuh dengan tanah pot yang baik. Padatkan tanah dan tambahkan lebih banyak jika perlu. Anda ingin potnya benar-benar penuh, tetapi tidak penuh. Kertas dapat ditanam di dalam atau di luar, jadi Anda dapat memilih sesuai dengan suhu dan kondisi saat menanam (kami tidak menyarankan menanam di luar jika suhunya terlalu panas)

LANGKAH 2. TANAMLAH KERTAS BENIH

Ambil kertas tanam Anda dan tutupi tanah di pot yang sudah disiapkan dengan kertas. Tidak apa-apa jika kertasnya tumpang tindih. Sebarkan lapisan tanah berukuran 1/8 inci di atas potongan kertas yang bisa ditanam dan padatkan bagian atasnya dengan lembut.

LANGKAH 3. SIRAMI SELAMA PROSES BERKECAMBAH

Setelah menanam kertas di pot Anda, rendamlah dengan baik. Anda ingin kertas dan tanah menjadi lembap dengan baik tetapi tidak berenang di air. Selama 10 hari pertama, jagalah agar kertas tetap lembab setiap saat. Air diperlukan untuk perkecambahan

LANGKAH 4. PERAWATAN SETELAH BERKECAMBAH

Setelah kecambah muncul, terus jaga agar kertas tetap lembab tetapi berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak air. Setelah tanaman kokoh muncul, sirami sesuai kebutuhan. 

Bagaimana membuat kertas benih dari awal?

Ada tutorial menarik yang bisa teman-teman ikuti. Klik tautan yang ada di bawah foto ya!

https://modernparentsmessykids.com/make-it-plant-able-paper-earth/


atau teman-teman bisa mendaftar ke Kelas Online Membuat Kertas Daur Ulang ya. Disana saya ajarkan cara membuat kertas benih juga. Teman-teman bisa daftar kelasnya melalui WA yang tertera pada flyer.




Salam Lestari,
Ibu Chandra Malini





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib