Post Page Advertisement [Top]

Dear Sahabat KertasbyAlin,


Ingin bikin kertas daur ulang yang permukaannya rata begini? Baca tulisan saya sampai tuntas ya.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membentuk lembaran kertas daur ulang yang tepat (sheet formation). Dalam arti permukaan kertas bisa rata dan mempunyai ketebalan yang seragam. Supaya tidak terjadi salah pengertian, kita samakan dulu istilah dibawah ya.


Pulp= bubur kertas artinya kertas yang sudah diblender dengan campuran air.

Slurry= campuran air dan bubur kertas yang ada di wadah / ember.


Pentingnya Menghancurkan Kertas dengan Tepat

Sumber foto: PaperSlurry.com

Cara menghancurkan kertas yang tepat berpengaruh pada kualitas kertas buatan tangan / handmade / daur ulang. Kalau bubur kertas tidak cukup halus di blender, hasilnya kertas akan kasar dan menyerap banyak air serta permukaannya tidak rata. Tapi jika kertas di blender terlalu lama dan jadinya halus sekali akan mengakibatkan serat panjang berkurang, serat pendek bertambah. Hingga menghasilkan serat kertas yang rapuh.


Ketebalan kertas yang Sama

Kertas Daur Ulang dibuat dari bubur kertas (pulp) serta air. Dalam bahas Inggris disebut juga Slurry. Dengan rasio Pulp vs air sekitar 0,5-1% terdiri dari Pulp. Semakin kental Slurry akan menghasilkan kertas daur ulang yang tebal. 

Rasio kertas juga tergantung bahan yang digunakan untuk membuat kertas handmade. Tapi pada umumnya 1:5 adalah tolok ukur yang bisa digunakan untuk membuat kertas daur ulang. Satu bagian bubur kertas, lima bagian air. Rasio kertas ini juga bisa Anda ketahui setelah Anda sering membuat kertas daur ulang. Beberapa orang menyukai ketebalan kertas yang berbeda-beda. Ada yang suka tipis, ada yang suka agak tebal.


Gumpalan dan Tips Membentuk Kertas Daur Ulang

Semakin kental adonan bubur kertas dan air (slurry) dan semakin panjang serat kertas semakin kuat kecenderungan serat untuk 'menggumpal'. Kalau gumpalan-gumpalan ini ada saat kita akan membentuk kertas (dengan cetakan) akan menghasilkan kertas yang menggumpal dibeberapa tempat. Efek ini bisa dilihat dengan menerawangkan kertas daur ulang ke lampu / matahari.


Pentingnya Mengaduk Bubur Kertas (slurry) didalam Kontainer / Ember


Tepat sebelum kita membentuk selembar kertas, bubur kertas didalam ember harus diaduk menggunakan tangan / dayung untuk memastikan serat terdistribusikan dengan baik. Kemudian kita akan menunggu beberapa detik sampai pusaran didalam bubur kertas mereda sebelum lembaran dibentuk.


Pembentukan Lembaran

Animasi Pembentukan Lembaran Kertas (Sumber: Paperslurry)

Untuk membuat kertas daur ulang, cetakan kertas daur ulang (Mold dan Deckle) disatukan dan kemudian dicelupkan ke ember secara vertikal. Cetakan mengikuti jari-jari panjang lengan sebelum tepi atas cetakan memasuki Slurry. Pada titik ini, cetakan disendok kedepan sekaligus mengangkatnya dari ember dan segera meratakannya sehingga menangkap bubur kertas di dalam cetakan (deckle) yang berfungsi sebagai bendungan. Segera air segera mengalir melalui jaring-jaring, dan terbentuklah selembar kertas di cetakan.


Gerakan Tangan Pembuat Kertas

Segera setelah bubur kertas diratakan, pembuat kertas harus mengamati pembentukan kertas saat air mengalir keluar dan mulai "mengocok" cetakan untuk memecah gumpalan. Goyangan terdiri dari gerakan pendek dan tersentak-sentak dari cetakan yang bergantian kesamping, kedepan, dan kebelakang.  Dengan pengalaman, dimungkinkan untuk mengamati bagaimana gumpalan ini dipecah oleh tindakan ini untuk mendapatkan formasi kertas yang seragam. Ini memerlukan latihan untuk mencapainya!

Setelah air bebas (yaitu, air yang mengkilap dipermukaan) menghilang, tidak mungkin untuk memperbaiki formasi lagi dengan mengguncangkan cetakan, karena serat sudah mengeras.



Mendaur Ulang Kertas

Pada tahap ini jika pembuat kertas, tidak puas dengan formasi atau jika lembaran yang baru dibuat tidak rata, dilihat dari depan, belakang dan sisi-sisinya maka dengan geladak (deckle) dilepas, cetakan bisa dibalik dan tampar keatas dan kebawah hingga bubur kertas yang menempel lepas hingga bersih ke dalam ember. Pembuat kertas kemudian harus memulai lagi untuk memastikan bahwa bubur kertas dari lembaran tersebar ngan baik.


Meniriskan Air di Ember


Setiap kita membuat lembaran kertas, akan ada air yang keluar dari ember. Untuk itu cetakan perlu ditiriskan dan air tirisan bisa dikembalikan ke dalam ember. Untuk menjaga rasio air vs bubur kertas.


Mengganti Bubur Kertas yang terpakai

Saat setiap lembar kertas terbentuk, konsentrasi bubur kertas didalam ember berkurang dengan jumlah serat yang dibuang. Artinya, setiap lembar kertas akan memiliki bobot dasar (gramasi) yang lebih ringan dari sebelumnya.

Jadi idealnya, setelah setiap lembaran terbentuk, ember harus diisi kembali dengan bubur kertas. Dalam praktinya, hal ini bisa dilakukan setelah setiap tiga-empat lembar dibuat tanpa mengalami penurunan berat kertas yang signifikan. Ini tergantung juga dengan volume ember.

Untuk penyelesaian secara akurat, seseorang harus menguji konsistensi, atau persen padatan bubur kertas didalam ember dan mengetahui berat kering selembar kertas, menghitung volume bubur kertas untuk dimasukkan ke dalam ember.


Cetakan Kertas Daur Ulang Kreasi KertasbyAlin

Semoga informasi ini berguna untuk teman-teman yang sedang belajar membuat kertas daur ulang, atau untuk profesi pembuat kertas (Papermaker). Jangan lupa, jika teman-teman memerlukan Cetakan kertas daur ulang berkualitas bisa cek  Toko Online KertasbyALin di Shopee. Hingga kini review produknya yang bagus (nilai 4,9).

Cetakan kertas daur ulang saat ini sudah tersedia ukuran A6, A5 dan A4. Bisa juga menghubungi kami melalui Whatsapp di nomor 0888.1243.218

Salam,

Ibu Chandra Malini

Pemilik KertasbyAlin


Sumber Referensi: http://handpapermaking.net/newsletter/beginner/beg53.htm




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib