Post Page Advertisement [Top]

 Halo sahabat KertasbyAlin,


Beberapa waktu yang lalu saya berhasil mencetak kertas daur ulang buatanku sendiri. Sebetulnya ini bukan pertama kalinya saya mencetak diatas kertas daur ulang. Cuma dulu masih kadang berhasil, kadang tidak. Semakin ke sini, saya sudah mulai paham apa rahasianya mencetak diatas kertas daur ulang dengan tingkat keberhasilan lebih dari 75%. 

Mencetak kartu nama menggunakan kertas daur ulang. Unik dan ramah lingkungan.

Karena kertas yang digunakan handmade alias buatan tangan maka akan berbeda dengan kertas buatan pabrik, disini letak tantangannya. Saya akan share tips dan trik mencetak diatas kertas daur ulang berdasarkan pengalaman saya ya teman-teman. Silahkan menambahkan jika teman-teman mempunyai tips dan trik jitu lainnya.

TIPS DAN TRIK MENCETAK DIATAS KERTAS DAUR ULANG


  1. Gunakan kertas daur ulang dengan ketebalan sedang. Artinya tidak terlalu tipis, juga tidak terlalu tebal. Baik tipis atapun tebal, berdasarkan pengalaman saya, kertas tidak mau masuk ke dalam printer meski kita sudah bantu dorong menggunakan tangan. Bagaimana cara menghasilkan kertas daur ulang dengan ketebalan yang konsisten? Saya akan share setelah tulisan ini ya. 
  2. Tidak seperti kertas pabrikan dimana kita bisa mencetak hingga beberapa lembar, kertas daur ulang memerlukan pendekatan yang berbeda. Cetak per lembar/satu per satu, jika kertas tidak mau masuk ke dalam printer, dorong menggunakan tangan ya. Jangan dipaksa. Jika sudah selesai mencetak, masukkan kembali kertas daur ulang yang lain.
  3. Cobalah mendesain dengan satu warna terlebih dahulu karena terbukti lebih mudah terutama untuk pemula. Sesuaikan warna font dengan warna kertas daur ulangmu ya. Misalnya jika kertas daur ulang kita berwarna cokelat, gunakan font berwarna hitam.
  4. Untuk mendesain kartu nama, ukuran font yang disarankan adalah 16pt untuk text utama dan 5-6pt untuk text tambahan.
  5. Saya merekomendasikan Canva.com sebagai situs gratis yang menawarkan aneka macam desain dan tempate. Ada berbagai template kartu nama, kartu terimakasih gratis yang bisa digunakan. Gunakan filter warna jika teman-teman ingin mendesain berdasarkan warna tertentu misalnya hitam / putih.
  6. Beri tanda potong / mark and bleed ke dalam desain. Tanda potong ini akan sangat membantu jika kita akan memotong. Hasilnya potongan akan lebih rapi dan presisi. Mark and bleed ini bisa dikerjakan menggunakan Photoshop. Google aja di Youtube: How to create mark and bleed in Photoshop.
Cobalah mencetak dengan menggunakan satu warna. Selain lebih sederhana, mencetak satu warna juga menghemat tinta.

REKOMENDASI PRINTER

Untuk jenis printer yang digunakan mencetak kertas daur ulang, teman-teman bisa menggunakan printer jenis deskjet / inkjet. Kartu nama diatas saya cetak menggunakan Printer HP Ink Advantage tipe 2135. Tipe printer ini merupakan jenis top loading ya artinya kertas dimasukkan dari atas.

Semoga tips ini berguna untuk teman-teman ya. Jika teman-teman tertarik belajar membuat kertas daur ulang, sudah tersedia Kit Kertas Daur Ulang.  Kit Kertas Daur Ulang ini berisi paket belajar membuat kertas daur ulang yang bisa dikerjakan dirumah. Salah satu kegiatan positif yang bisa dikerjakan selama pandemi COVID 19. Kunjungi akun Shopee Rakhma1 atau bisa pesan melalui Whatsapp 0888-1243-218

Salam,
Ibu Chandra






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib