Post Page Advertisement [Top]

 Hallo pembaca,


Apa kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Alin mempunyai kabar bagus yaitu Alin pindah lokasi ke yang lebih besar supaya Alin bisa lebih leluasa mengembangkan usaha kertas daur ulang. Jika teman-teman mau belajar offline, sekarang Alin membuka kelas offline juga. Tunggu detailnya ya di google map KertasbyAlin.


Sumber Foto: www.seedpaper.uk



Kali ini kita akan membahas tentang kertas benih. Apa itu kertas benih? Teman-teman bisa baca postingan aku di tulisan ini


Kertas benih bisa dikreasikan menjadi kartu nama, hang tag, kartu ucapan yang ramah lingkungan karena dibuat dr kertas daur ulang dan dapat ditanam jika sudah tidak digunakan.


Nah, bagaimana cara mencetak kertas benih dirumah menggunakan printer dirumah? Alin akan berbagi tips untuk pembaca sekalian.


Rekomendasi Jenis Pencetakan


Alin merekomendasikan printer jenis top loading spt foto dibawah. Kenapa? Karena tipe printer jenis ini meminimalkan resiko kertas benih terkena panas dan tekanan berlebih yg dapat merusak kertas benih. Printer jenis ini juga tidak melawan gravitasi.




Saran lain yang juga tak kalah penting adalah


Kibas-kibaskan dengan pelan-pelan sebelum masuk printer, tujuannya jika ada benih yang tidak menempel sempurna bisa lepas terlebih dahulu sebelum masuk printer. 


Cobalah menekan kertas sedikit ketika dimasukkan ke dalam printer. Cetak kertas satu per satu karena kertas benih adalah kertas buatan tangan.


Cara Lain untuk Mencetak Kertas Benih


  • Pencetakan Offset

  • Pencetakan Sablon

  • Letterpress


Sebelum mencetak kertas benih, harap pertimbangkan faktor dibawah ini:


Desain Minimal. Kertas benih di buat dengan kertas daur ulang yang cenderung berserat sehingga supaya hasil cetakan bagus, hindari blok warna pada desain cetakan.


Hindari Font Kecil dan Rumit. Benih yang menempel pada kertas bisa mengakibatkan ketidaksempurnaan yang mengarah pada text tidak terbaca. Pertimbangkan ini ketika mendesain kertas benih untuk pencetakan dan biarkan tekstur kertas benih menjadi kunci desain Anda.


Berkreasilah dengan kreatif. Ketika Anda membuat draft desain kertas benih, ketahuilah bahwa ketika kertas benih diterawangkan dibawah sinar matahari akan nampak jelas sekali biji yang tertanam didalam kertas benih. Dengan desain yang cerdas, Anda bisa menciptakan pola yang fantastis dengan memanfaatkan benih menjadi bagian dari desain Anda.


Pertanyaan yang Sering di Ajukan


T: "Bisakah mencetak kertas benih menggunakan Printer Laser?"


J: "Tidak bisa karena panas dari laser bisa merusak benih yang ada dikertas"


T: " Bisakah kertas benih buatan tangan dicetak terutama kertas benih yang dibuat oleh para pemula?"

J: " Tergantung, bagi pemula membuat kertas buatan tangan membutuhkan skill dan jam kerja yang tinggi. Bagi pemula, ketebalan yg tidak merata pada kertas bisa mengakibatkan kertas tidak bisa dicetak",


T: " Bisakah kertas benih di beri gambar dan dicat menggunakan cat lukis?"

J: " Bisa saja, kertas benih bisa dibuat menjadi aneka kerajinan sesuai selera untuk diberikan pada orang tersayang. Salah satunya dengan digambari atau dilukisi. Gunakan cat berbahan dasar air dan hindari cat berlapis-lapis yang tebal yang bisa membuat benih tidak pecah benih.


Demikian tulisan kali ini, semoga berma faat. Jika ada pertanyaan, tinggalkan komentar dibawah ya!



Alin

Owner KertasbyAlin (WA 0888-1243-218 /081-393-00-4879)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib