Post Page Advertisement [Top]

Hallo Pembaca!


Menyambung Tutorial pertama dan kedua yaitu Tutorial Membuat Adonan Bubur Kertas / Paper Clay / Papier Mache dan Tutorial Membuat Gantungan Kunci dari Kertas Daur Ulang, maka hari ini saya lanjutkan dengan proses yang terakhir yaitu PENGECATAN MENGGUNAKAN CAT AKRILIK. Untuk Bahan-Bahan harap disiapkan sbb:

1. Palet Cat
2. Kuas Aneka Ukuran dari besar, sedang dan kecil.
3. Cat Akrilik, bisa dibeli di toko buku / stationery dengan harga berkisar 40ribu-60 ribu untuk 12 warna tergantung pada merek. Namun merek seperti TITI sudah cukup bagus.
4. Varnish Gloss untuk finishing. Varnish ini gunanya untuk melindungi cat supaya lebih awet juga warnanya menjadi mengkilat / gloss. Varnish ini sifatnya opsional.
5. Lap Kain untuk menyerap air yang ada dikuas.
6. Papier Mache yang sudah dijemur dan kering
7. Mangkuk plastik untuk mencuci kuas dan untuk pengecatan. Jadi dibedakan supaya saat pencampuran warna akrilik plus air, gunakan air dari mangkuk air yang bukan bekas cucian. Semoga bisa dipahami ya.

Cat Akrilik merupakan cat berbahan dasar air yang dibuat dari plastik, warnanya ceria dan tahan lama. Cat Akrilik bagus untuk membuat kerajinan warna warnanya cerah dan disukai anak-anak.  Selain itu cat ini tahan air, tidak luntur jika sudah mengering.

Ada beberapa Tips dalam mengecat menggunakan Cat Akrilik berdasarkan pengetahuan saya dari membaca-baca buku dan berdasarkan pengalaman saya itu:

1. Gunakan Alas koran dan pakailah celemek / apron sebelum mengecat. Tujuannya untuk melindungi meja supaya tidak kena noda cat, begitu juga dengan baju Anda. Hal ini mengingat cat ini sifatnya cepat kering dan untuk membersihkannya harus menggunakan tinner (bisa dibeli ditoko bangunan).


2. Gunakan kuas yang sedang untuk bidang yang luas sedangkan untuk gambar detail gunakan kuas yang kecil
3. Begitu mau berganti warna, segera cuci kuas dan lap kuas menggunakan kain untuk mengurangi air yang ada dikuas.  Nah kuas bisa dipakai untuk warna selanjutnya.  Peringatan: Cat Akrilik sifatnya cepat kering jadi jangan lupa untuk mencelupnya ke dalam air. Gunakan dua mangkuk plastik, yang mangkuk pertama digunakan untuk mencuci kuas, sedangkan mangkuk ke 2 untuk mencelupkan kuas saat pewarnaan.


4. Gunakan lap kain untuk mengurangi air yang ada dikuas. Pelan-pelan ya saat menggunakan kuasnya supaya kuas kita awet. Kuas tidak harus yang mahal justru carilah yang harganya sedang untuk kerajinan Paper Clay / Bubur Kertas ini.

5. Nah kerajinan kita sudah selesai dicat, kalau misalnya kurang suka dengan hasilnya bisa diperbaiki lagi karena cat akrilik ini bisa ditimpa dengan warna diatasnya.

Berikut ini adalah Video singkat Tutorial mengecat kerajinan Papier Mache.




Selamat berkreasi dengan bubur kertas :)
Ibu Chandra
HP / WA 0888-0279-2791

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib