Post Page Advertisement [Top]

Hallo Sahabat kertasbyAlin,

Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat yaa... Semangat berkaya, dan lebih produktif lagi. Kali ini saya akan berbagi informasi seputar Book Binding atau biasa disebut dengan penjilidan buku.

Book binding merupakan suatu ketrampilan untuk menggabungkan lembaran-lembaran kertas menjadi berbentuk buku, yang disatukan secara manual dengan teknik khusus agar buku lebih awet dan tidak mudah rusak. Book binding dapat berfungsi sebagai media publikasi. Terlihat mudah, namun terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan dengan seksama agar hasilnya menjadi bagus dan rapi. Sehingga setiap proses membutuhkan ketrampilan, kesabaran, dan ketelitian.

Pada zaman dahulu, buku terdiri dari lembaran-lembaran papyrus yang digulung dan memanjang. Seiring perkembangan zaman berubah menjadi lembaran papyrus yang terpisah dengan kulit hewan sebagai sampulnya.  Lembaran papyrus kemudian disusun berdasarkan ukuran tertentu kemudian dijahit hingga terbentuklah sebuah buku.  Apa saja Teknik Dalam Book Binding?

Teknik penjilidan lembar-lembaran kertas disesuaikan dengan kegunaan atau kebutuhan masing-masing. Sehingga selain agar buku tidak mudah rusak, penjilidan  juga dilakukan untuk menambah keindahan buku itu sendiri. Ada beberapa teknik binding yang bisa kita lakukan, diantaranya :

1. Coil Binding (Jilid Spiral)

https://images.app.goo.gl/8cHVMwZEKpqddrzk8

Coil Binding menggunakan spiral yang terbuat dari coil sehingga dokumen dapat terbuka secara maksimal. Saat penjilidan harus diperhatikan jarak antara teks dan tepi. Biasanya teknik ini digunakan untuk pembuatan kalender, catalog, atau notebook kecil.

2. Saddle Stitching (Jilid Kawat)

https://images.app.goo.gl/sMC3m5m45bAKCJUV9

Saddle Stitching bisa disebut juga dengan jilid staples digunakan untuk menjilid buku dengan ketebalan tipis. Teknik ini dilakukan dengan cara kertas dilipas dan di staples bagian tengahnya. Biasanya sering kita jumpai pada booklet atau majalah.

3. Sewn Binding

https://images.app.goo.gl/6d5DxC9bKmG8LrDL9

Teknik ini dilakukan dengan menggunakan benang. Biasanya dilakukan dengan cara melipat kertas menjadi dua bagian dan dijahit dibagian tengahnya. Punggung kertas kemudian dilem dan disatukan dengan cover. Jumlah halaman yang dijahit disesuaikan dengan ketebalan kertasnya.

4. Hardcover Binding

https://images.app.goo.gl/GXU1xDRB1HWbohbYA

Hardcover Binding dilakukan dengan cara menyusun buku yang dijahit kemudian setiap ujungnya dilem dan ditempelkan pada punggung sampul hardcover. Teknik ini biasanya digunakan dalam penyusunan skripsi mahasiswa, atau karya ilmiah lainnya.

 5. Comb Spiral (Jilid Spiral)

https://images.app.goo.gl/EHHSszpo92R2GmPK9

Teknik Comb Spiral merupakan jilid spiral dari bahan plastik yang biasa digunakan untuk dokumen yang tipis. Ring plastic digukanan untuk menyatukan dokumen. Biasanya sampul depan dan belakang ditambahkan plastik mika.

6. Slide Stitching 

https://images.app.goo.gl/WHoXXRTiqNsr5o9D6

Teknik slide stitching menggunakan bahan benang. Proses dalam penjilidannya  dilakukan dengan menjahit dari bagian sisi depan hingga tembus kebagian belakang buku. Teknik ini biasanya digunakan untuk menjilid dokumen yang lebih tebal.

7. Tape Binding

https://images.app.goo.gl/x6xkPa23JsQ9s8KMA

Teknik jilid ini menggunapan lakban hitam pada bagian punggung buku. Jilid ini biayanya cukup murah, biasanya digunakan anak kuliah untuk mengemat biaya. Kelemahannya dalam teknik jilid ini yaitu jilidnya tidak awet, jika tapenya sudah tidak lengket buku akan mudah lepas.

8. Perfect Binding (Jilid Lem Panas)

https://images.app.goo.gl/rZRFLEd3Eoj6TY516

Perfect Binding merupakan kombinasi teknik jilid dengan lem panas yang bertujuan agar lebih kuat. Teknik ini digunakan untuk menjilid buku yang lebih tebal.

9. Screw Binding

https://images.app.goo.gl/4LnsJb3C5MQ6NkdS8

Teknik Screw Binding dilakukan dengan cara melubangi kertas dari depan hingga belakang, kemudian masukkan sekrup dan dikunci. Teknik ini biasanya dipakai untuk buku panduan warna.  lalu sekrup dimasukkan kedalam dan dikunci. Teknik ini digunakan untuk buku panduan warna.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang belajar  membuat book binding. Jika teman-teman memerlukan notebook handmade hasil dari book binding kertas daur ulang yang berkualias bisa cek Toko Online di Shopee pada link berikut ya : Notebook Handmade KertasbyAlin  bisa juga menghubungi kami via Whatsapp di nomor 0888-1243-218.

Salam,

Ibu Chandra Malini

Pemilik KertasbyAlin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib