Post Page Advertisement [Top]



Hallo sahabat All In Papier, Selamat datang kembali di blog kami :))


Pada kesempatan kali ini All In ingin berbagi cerita saat melakukan kegiatan workshop di awal tahun 2023 bersama komunitas Playdate Soloraya. Acara ini diselenggarakan pada hari Jum'at, tanggal 24 Februari 2023 dari pukul 09..00 - Selesai.


Komunitas Playdate Soloraya yang digawangi oleh mbak Era Wijaya S dan Mbak Eno Wibowo merupakan sebuah komunitas keluarga yang berdiri sejak tahun 2019 sebagai sarana pendidikan bagi orang tua dan anak balita yang belum masuk dalam pendidikan formal. Untuk mengenal lebih dekat bisa kunjungi Instagram @playdatesoloraya yaa..


Kali pertama kami mengadakan workshop kertas daur ulang secara offline dengan peserta Ibu dan anak. Dengan jumlah peserta 17 orang, yang terdiri dari 9 anak dengan rentang usia 3-6 tahun dan 8 walinya. Bersyukur anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan dari pengenalan hingga selesai, serta acara dapat berjalan lancar dengan bantuan wali dan panitia penyelenggara.



Berikut kami bagikan momen saat kegiatan berlangsung :D



Anak mebuat kertas daur ulang warna-warni dan berbagai bentuk
cetakan tambahan di dalam cetakan besar

Anak dibantu dengan wali membuat kertas dengan teknik menuang
bubur kertas menggunakan sendok 

Anak menjepit dan menggantung hasil karya untuk dijemur

Anak dapat berkreasi sesuai dengan keinginanya :D

Anak belajar memblender kertas
(untuk tahap ini perlu pengawasan dari orang dewasa ya sahabat.. )

Hasil karya anak dijemur dan diangin-anginkan agar segera kering dan dapat dibawa pulang

Workshop membuat kertas daur ulang ini dapat memberikan pengalaman yang positif bagi anak-anak. Berikut beberapa pengalaman yang bisa anak dapatkan:


1. Pendidikan terhadap lingkungan, dimana anak belajar tentang seberapa pentingnya daur ulang terhadap lingkungan. Sehingga mereka mampu menggunakan kertas secara bijak dan memanfaatkan kembali sampah kertas untuk dapat didaur ulang. 


2. Meningkatkan kreativitas anak-anak dalam menciptakan kertas daur ulang dengan berbagai macam warna dan tekstur. Mereka dapat bereksperimen dengan teknik menuang beberapa warna dalam cetakan berbentuk hewan, bunga, atau bentuk lainnya.


3. Meningkatkan keterampilan tangan dengan melibatkan kegiatan fisik seperti menyobek kertas, memblender, menuang air, mengaduk bubur kertas, serta menyepon air pada lembaran kertas. Selain itu anak juga belajar motorik halus seperti mengatur serat-serat kertas agar rata.


4. Anak-anak dapat belajar tentang proses prosuksi kertas secara keseluruhan, mulai dari bahan-bahan yang perlu disiapkan, langkah pengolahan, hingga pembentukan lembar-lembaran kertas.


5. Workshop ini dilakukan secara bersama-sama sehingga anak dapat belajar untuk bekerja sama dengan teman-temannya untuk dapat mencapai tujuan bersama dalam menciptakan kertas daur ulang.


6. Kegiatan ini mampu meningkatkan kesadaran sosial anak sejak dini terkait isu-isu lingkungan serta dapat memotivasi mereka untuk berkegiatan positif. Selain itu anak dapat memahami pentingnya prinsip berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari.


Melalui pengalaman ini, anak-anak dapat mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang perilaku hidup berkelanjutan, kreativitas, serta tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.Terima kasih Playdate Soloraya yang sudah mengadakan kegiatan serta berkunjung ke studio kami. 


Semoga dilain kesempatan kami bisa berbagi ilmu dengan komunitas, lembaga, serta instansi lainnya untuk mendukung gerakan peduli lingkungan, khususnya sampah kertas.

Jika Anda tertarik mengundang kami untuk kerajinan kertas daur ulang silahkan hubungi kami melalui Whatsapp +62 811 1243 218 (Ibu Chandra Malini), Anda juga bisa berkunjung dilaman instagram kami @allinpapier untuk mendapatkan update informasi setiap harinya.

Semoga informasi ini bermanfaat,

Ibu Chandra Malini
WA 0811.1243.218
Tokopedia www.tokopedia.com/handmadebycm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib